Cara Membuat soal Online seperti UNBK

Cara Membuat soal Online seperti UNBK – kegiatan belajar mengajar secara online saat ini sudah menjadi hal yang umum dan bahkan menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah-sekolah untuk menuju Sekolah 4.0. Ujian secara online adalah salah kegiatan belajar mengajar yang paling sering dilakukan secara online dan biasa dikenal dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang disebut juga sebagai CBT (Computer Based Test).

Ada banyak tantangan bagi sekolah atau lembaga-lembaga instansi pendidikan dalam melaksanakan kegiatan ujian secara online dengan sistem UNBK dan dua (2) hal berikut adalah tantangan utama bagi sekolah (selain masalah perangkat dan internet di sisi siswa/pelajar):

  1. Aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan sekolah & Tenaga ahli – memilih aplikasi yang tepat untuk sekolah adalah hal sering menjadi kendala bagi para sekolah dalam mensukseskan pembelajaran secara online. Jika ada aplikasi yang tepat, seringkali sekolah juga tidak memiliki tenaga ahli yang bisa meng-konfigurasi, setup, mengembangkan hingga melakukan maintenancenya.
  2. Biaya Operasional yang besar – membuat aplikasi pembelajaran online (elearning, ujian CBT, PPDB dan lain-lain) membutuhkan biaya dan tentu saja resource server yang cukup besar untuk menjalankannya. Jika tenaga ahli yang dimiliki sekolah tidak mampu melakukan optimasi aplikasi dengan baik, maka resource server ini akan semakin besar yang tentu saja biayanya akan semakin besar juga.

Namun, saat ini kedua masalah tersebut sudah bisa diselesaikan dengan adanya aplikasi e-ujian.id. E-ujian adalah aplikasi pembajaran online (elearning, ujian cbt atau UNBK, ppdb, sistem alumni dll) yang dapat digunakan oleh sekolah dengan GRATIS.

Sekolah tidak perlu lagi dipusingkan dengan setup aplikasi, maintenance server dan penambahan fitur-fitur lainnya karena semuanya sudah bisa langsung digunakan dan bisa langsung fokus ke kegiatan belajar mengajar saja.

Daftar Aplikasi Ujian UNBK atau CBT Sekarang

Cara Membuat soal Online seperti UNBK

Membuat soal online seperti UNBK sangat mudah dilkukan dengan aplikasi e-ujian dan bisa dilakukan dengan hitungan menit saja. Berikut adalah tahapan yang harus dilakukan untuk membuat soal online seperti UNBK atau CBT:

Silakan lanjutkan untuk membaca jika kurang menyukai tutorial versi video:

  • Mendaftar gratis aplikasi ujian online e-ujian di https://e-ujian.id/ujian-online-gratis-cbt/. Pastikan untuk melengkapi form pendaftaran atau bisa langsung hubungi tim E-ujian melalui Whatsapp pada halaman tersebut. Setelah data diterima, maka akun e-ujian Anda akan diaktifkan dan siap digunakan hanya dalam hitungan menit saja.
  • Selanjutnya, silakan login sebagai admin (url login dan detail login admin akan diberikan setelah akun e-ujian diaktifkan) dan kemudian pilih menu Alur Aplikasi dan ikutilah alur aplikasi tersebut.
  • Ikutilah semua alur aplikasi di atas dan setiap panduan-panduan pada menu di atas sudah dilengkapi dengan video tutorial cara menggunaknnya.

Jika semua alur tersebut sudah diikuti dengan benar, maka Anda akan berhasil karena semua flow tersebut sudah diuji oleh tim e-ujian dan ratusan sekolah lainnya di Indonesia.

Namun, Anda tidak perlu khawatir jika masih kesulitan ada hal yang ditanyakan bisa langsung meminta bantuan tim support e-ujian.id melalui whatsapp berikut, kami akan membantu Anda:

× Ada yang bisa dibantu?
Exit mobile version