E-ujian.id Mendukung Tipe Ujian CBT AKM

Layanan E-ujian.id terus memberikan komitmen untuk membantu sekolah di Indonesia menuju sekolah 4.0 yang dimana banyak kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online.

Salah satu bentuk komitmen e-ujian.id adalah dengan merilis fitur terbaru yaitu dengan menambahkan tipe soal yang mendukung ujian online CBT AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) dengan menambahkan fitur ujian dengan tipe mencocokkan (menjodohkan), pilihan ganda dengan multi jawaban (PG komplek) dan soal tipe benar atau salah.

Dengan penambahan fitur baru ini, maka saat ini e-ujian.id telah mendukung 5 tipe soal CBT online dan berikut adalah tipe soal tersebut:

  • Pilihan Ganda (PG) satu jawaban – dimana siswa hanya perlu memilih satu jawaban yang benar dari beberapa pilihan jawaban yang ada
  • Pilihan Ganda Komplek (Multi Jawaban) – dalam satu soal terdapat beberapa jawaban berupa checklist yang harus memilih semua jawaban yang benar didalamnya.
  • Mencocokkan/menjodohkan – tipe soal yang memungkinkan siswa mencocokkan pernyataan yang cocok dengan pernyataan yang lainnya.
  • Benar salah – tipe soal ini berupa pertanyaan yang dimana siswa hanya perlu memilih apakah pernyataan tersebut benar atau salah
  • Tipe soal Essay/Uraian – tipe soal ini memungkinkan guru membuat soal tipe essay yang dimana siswa nantinya perlu memberikan uraian terhadap jawabannya.

Cara Membuat Ujian Online CBT AKM di E-ujian.id

Untuk memulainya, silakan ikuti tutorial video cara membuat ujian online CBT AKM berikut:

Silakan lanjutkan membaca jika tidak atau kurang menyukai versi video

Untuk memulai membuat soal, silakan login ke aplikasi sebagai admin atau guru dan kemudian pilih menu Ujian CBT >> Bank Soal dan kemudian klik menu Tambah Baru

Selanjutnya, berikan bobot penilaian terhadap masing-masing tipe soal dan berikan nilai 0 pada tipe soal yang tidak ingin digunakan. Total persentasi nilai harus 100%.

Ujian online CBT AKM

Klik Save jika sudah selesai.

Selanjutnya, pilih menu Buat Soal pada daftar bank soal yang sudah kita buat untuk memulai memasukkan soal sesuai kebutuhan

membuat soal ujian cbt akm

Selanjutnya, kita akan diperlihatkan menu apakah kita akan menambahkan soal secara manual atau import dari excel. Di dalam contoh ini kita akan membuatnya secara manual

Selanjutnya, kita akan dipilihkan pada tipe soal dan pilihlah sesuai kebutuhan kita:

Lanjutkan proses pembuatan soalnya dan selesai.

Kami sangat berharap dengan penambahan beberapa tipe soal ini akan semakin memudahkan sekolah-sekolah melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

× Ada yang bisa dibantu?