Pembelajaran Online

Membuat Ujian Online di Rumah Tanpa Contek

Membuat Ujian Online di Rumah Tanpa Contek – Kegiatan ujian online saat ini semakin banyak dilakukan dan menjadi pilihan utama karena memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan ujian menggunakan kertas secara offline atau traditional.

Berikut adalah beberapa keunggulan ujian secara online yang dapat menjadi alasan utama mengapa sekolah-sekolah harus mulai menerapkannya:

Menyesuaikan Guru dan Siswa dengan Perkembangan Digital

Benar, ujian konvensional dengan menggunakan kertas sudah berjalan sejak ratusan atau ribuan tahun yang lalu. Kini zaman telah berubah dimana akses internet sudah terjangkau untuk semua orang dan hampir semua aspek kehidupan kita berubah ke arah digital seperti belanja online dan lainnya, termasuk kegiatan belajar mengajar di sekolah (elearning dan ujian online).

Jika sekolah tidak segera melakukan adaptasi, maka sekolah-sekolah di Indonesia akan ditinggalkan dan semakin tidak diminati. Mau tidak mau, suka tidak suka, zaman digital akan menggantikannya. Untuk itu, sudah saatnya sekolah mulai berdapatasi dengan dunia digital agar tidak tertinggal

Hemat Anggaran

Ujian secara konvensional selalu membutuhkan anggaran yang besar untuk dilaksanakan karena sekolah harus mencetak soal dan lembar jawabannya untuk dibagikan ke siswa.

Padahal, kegiatan ujian ini sangat sering dilakukan untuk melatih kemampuan siswa seperti ulangan harian dan lain-lain.

Dengan adanya sistem ujian online cbt, maka sekolah dapat melakukan ujian berkali-kali tanpa batas dengan biaya yang sangat terjangkau. Anda bahkan dapat melakukan ujian online untuk 500 siswa dengan hanya membayar Rp 150.000/bln di E-ujian.id.

Hemat Waktu Guru dan Siswa

Guru dapat membuat satu soal dan menggunakannya berkali-kali untuk ujian baik di kelas yang sama atau berbeda. Selain itu, guru juga tidak perlu menghabiskan banyak waktu dalam meng-koreksi hasil ujian secara manual karena sudah otomatis dikoreksi oleh sistem dan langsung dapat dilihat hasilnya.

Untuk siswa, ujian online akan sangat memudahkan karena hanya perlu menggunakan smartphone atau laptop saja tanpa perlu menyiapkan alat tulis apapun. Siswa dapat mengganti jawabannya jika salah hanya dengan sekali klik saja.

Menggunakan Media Yang Canggih

Ujian online dapat dilakukan secara lebih bervariasi karena dapat menggunakan media terkini seperti video, audio dan gambar pada soal. Hal ini tentu akan menjadikannya lebih menarik dan interaktif jika dibandingkan ujian secara konvensional.

Hasil Ujian Cepat dan Akurat

Hasil ujian online akan langsung dapat diketahui karena akan dihitung secara otomatis dan akurat oleh sistem. Ini tentu akan sangat menghemat waktu dan menghindari kesalahan para guru dalam mengkoreksi ujian siswa.

Namun, dari ke-semua keunggulan ujian online di atas, terdapat satu hal yang menjadi tantangan dalam melakukan ujian online yaitu bagaimana mencegah siswa mencontek ketika Ujian Online di Rumah.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat digunakan guna mencegah siswa mencontek ketika melakukan Ujian Online di Rumah:

Gunakan Exam Browser

Exam Browser adalah browser yang secara khusus di-design untuk melakukan kegiatan ujian online, khususnya ketika ujian dilakukan tidak di dalam sekolah seperti Ujian Online di Rumah.

Exam Browser akan mencegah siswa membuka aplikasi lain seperti WhatsApp, Google Chrome dan lain-lain ketika ujian sehingga siswa tidak bisa bertanya ke teman atau mencari jawabannya di google.

Exam Browser dapat digunakan pada Android, iOS hingga Laptop (Windows).

Timer

Pastikan memberikan timer atau waktu yang sesuai saat ujian dilakukan dan ujian online akan berhenti ketika timer berhenti.

Dengan begitu, siswa akan menggunakan waktu sebaik mungkin dan tidak menghabiskan waktu untuk berdiskusi dengan teman atau mencari jawaban di buku.

Acak Urutan Soal

Acak urutan soal memastikan setiap siswa akan mendapatkan urutan yang berbeda sehingga akan mencegah melakukan tukar hasil jawaban.

Cegah Copy Paste Soal dan Jawaban

Baik soal dan jawaban hanya akan dibuat ke dalam mode baca sehingga siswa tidak dapat melakukan copy soal dan jawaban. Ini akan membantu mencegah siswa meng-copy pertanyaan untuk kemudian di paste di google atau ditanyakan kepada temannya.

Hanya Login Satu Perangkat (Device/Smartphone/Laptop)

Aplikasi CBT dapat diproteksi dengan mengizinkan siswa login dari satu perangkat saja. Ini akan mencegah kecurangan siswa yang menggunakan Joki dalam mengerjakan soal.

Benar, tidak mudah membuat semua fitur di atas namun tidak perlu khawatir karena semua fitur tersebut sudah tersedia di e-ujian.id dan dapat mencoba secara GRATIS untuk 50 siswa hanya dalam beberapa klik saja.

Daftarkan sekolah Anda di E-ujian.id sekarang juga, GRATIS!

E-ujian

Recent Posts

Pro Kontra pemberian PR untuk siswa

Pro Kontra pemberian PR untuk siswa - Sebagian siswa dan para orang tua siswa sering…

4 weeks ago

Cara Membuat Barcode untuk Exam Browser

Cara Membuat Barcode untuk Exam Browser - Salah satu fitur dari exam browser e-ujian.id adalah…

1 month ago

Cara Mudah Melakukan Screen Shoot dan Paste di Editor atau MS Word

Cara Mudah Melakukan Screen Shoot dan Paste di Editor atau MS Word - Melakukan screen…

2 months ago

Kelebihan dan Kekurangan Belajar Online (Daring)

Kelebihan dan Kekurangan Belajar Online atau Daring - pandemi covid-19 memaksa seluruh sekolah di Indonesia…

2 months ago

Membuat Server Ujian Online Sendiri, Masih Perlu?

Membuat Server Ujian Online Sendiri, Masih Perlu? - Pendidikan saat ini sudah menuju era pendidikan…

3 months ago

Cara Mengatur Form PPDB Online GRATIS di E-ujian.id

Cara Mengatur Form PPDB Online GRATIS - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online merupakan hal…

10 months ago