Daftar Isi

3. Alur Menggunakan Aplikasi E-Ujian

You are here:
<< Panduan Sebelumnya

E-ujuan sangat mudah untuk digunakan dan untuk memulai menggunakannya, silakan mengikuti alurnya berikut:

1. Membuat Jurusan

Untuk memulai, Admin wajib menambahkan jurusan dari Instansinya. Admin juga dapat menambahkan jurusan sebanyak mungkin yang diperlukan.

Untuk melakukannya, silakan pilih menu Jurusan dan kemudian klik menu +Baru:

cara membuat jurusan cbt

Selanjutnya, masukkan nama jurusan Anda dan klik Simpan:

nama jurusan

Selesai. Nama jurusan Anda telah berhasil dibuat. 

nama jurusan

Ulangi dari langkah pertama jika ingin menambahkan jurusan lainnya.

2. Membuat atau Menambahkan Guru

Untuk menambahkan guru, silakan pilih menu Guru dan kemudian klik + untuk menambahkan satu persatu atau ++ untuk menambahkan banyak guru sekaligus.

Selanjutnya, Admin akan diminta memasukkan NIP dan Nama Guru. Admin tidak perlu memasukkan password karena password akan diset otomatis ke 12345678.

Setelah NIP dan Nama Guru ditambahkan, silakan klik Simpan.

Selsai, guru berhasil ditambahkan:

Selanjutya, guru dapat login ke platform CBT E-ujian memilih akses sebagai Guru/Dosen pada URL platform Anda.

Penting: Untuk alasan keamanan, pastikan Guru mengubah password-nya melalui menu Profile setelah login.

3. Membuat atau Menambahkan Siswa

Setelah guru berhasil ditambahkan, maka langkah selanjutnya adalah menambahkan Siswa.

Untuk melakukannya, silakan pilih menu Siswa

Selanjutnya, silakan pilih cara yang paling mudah untuk Anda menambahkan siswa.

  • Tambah + : Artinya kita akan menambahkan siswa satu persatu secara manual. Admin akan diminta memasukkan NIS atau NIM, Nama Siswa dan Jurusan. Untuk password akan otomatis diset ke 12345678
  • Upload : Maksudnya Admin dapat menambahkan banyak Siswa secara otomatis dengan menggunakan format template yang kami sediakan. Format template dapat didownload di SINI.
  • Generate: Admin juga dapat membuat akun Siswa banyak sekaligus. Misal tinggal masukkan kode H di prefix dan masukkan jumlah data yang diinginkan.

Setelah selesai. Siswa berhasil ditambahkan.

Penting: Untuk alasan keamanan, pastikan Siswa mengubah password-nya melalui menu Profile setelah login.

4. Membuat Bank Soal atau Paket Soal

Bank Soal merupakan daftar-daftar ujian yang akan diujikan. Bank Soal atau Paket Soal dapat dibuat oleh Admin dan Guru.

Untuk membuatnya, silakan pilih menu Bank Soal atau Paket Soal dan kemudian pilih + Baru:

Selanjutnya, lengkapilah detil bank soal yang akan kita buat (data ini bisa kita ubah nantinya)

Selesai. Bank Soal telah berhasil ditambahkan

5. Menambahkan atau Membuat Pertanyaan Soal

Sama halnya seperti bank soal, membuat pertanyaan Soal ini juga bisa dilakukan oleh Admin dan Guru.

Untuk membuat atau menambahkan pertanyaan, silahkan pilih menu Bank Soal atau Paket Soal dan kemudian pilih Selengkapnya:

Selanjutnya, kita akan dibawa ke menu menambahkan soal atau pertanyaan:

Perhatian:

  • Untuk menambahkan soal ujian, silahkan klik tanda plus berwarna hijau lalu masukan soal/pertanyaan, pilihan jawaban dan juga kunci jawaban, lalu klik tombil simpan.
  • Setelah soal berhasil dibuat, anda bisa melihat detail, merubah dan juga menghapusnya.
  • Jumlah soal tidak dibatasi, bisa dibuat berapapun sesuai dengan kebutuhan.
  • Secara default, soal yang ditambahkan akan bersifat aktif dan akan tampil di siswa.
  • Soal bisa dinonaktifkan (lihat icon mata) supaya tidak tampil di siswa, tanda soal yang tidak aktif adalah pertanyaannya dicoret.
  • Soal yang nonaktif bisa diaktifkan kembali dengan mengklik ikon mata.

Setelah kita memilih Tombol +, maka kita akan dibawa ke menu untuk memasukkan pertanyaan dan jawabannya.

Perhatian:

  • Disini Anda bisa membuat soal ujian berbentuk pilihan ganda dan essai.
  • Untuk membuat soal pilihan ganda, silahkan masukan soal / pertanyaan, pilihan jawaban beserta kunji jawabannya.
  • Sedangkan untuk membuat soal essai, silahkan masukan soal / pertanyaan dan isi bagian bobot soal essai, sedangkan bagian pilihan A, B, C, D dan E nya wajib dikosongkan.
  • Bobot Essai diisi hanya ketika soal berbentuk essai.

Selesai. Pertanyaan berhasil ditambahkan:

6. Membuat Kelas Ujian

Langkah selanjutnya adalah membuat Kelas Ujian. Untuk melakukannya, silakan pilih menu Kelas Ujian dan kemudian klik +Baru

Lengkapi form yang ada dan kemudian klik Simpan.

Selesai. Kelas ujian telah berhasil dibuat. Setiap kelas ujian akan memiliki kode unik yang kemudian dapat dibagikan ke calon peserta ujian

7. Aktifkan Kelas Ujian

Agar calon peserta ujian dapat mulai melakukan pengerjakan soal ujian, maka pastikan untuk mengaktifkan kelas ujian Anda. Admin dan Guru dapat mengaktifkan kelas Ujian.

Untuk melakukannya, klik menu Kelas Ujian >> Detail pada kelas ujian yang ingin diaktifkan:

ubah detail kelas ujian

Selanjutnya, klik mulai Pengerjakan atau Mulai Kembali

Soal akan aktif dan peserta akan mulai bisa mengerjakan.

Untuk menon-aktifkan soal atau pertanyaan, silakan kembali ke menu Kelas Ujian >> Detail dan kemudian klik Hentikan Waktu Pengerjaan

Selesai. Peserta secara otomatis tidak akan dapat mengakses Kelas Soal.

8. Berikan NIS, Password, Kode Kelas Ujian dan Mulai Ujian

Setelah semuanya siap, maka langkah selanjutnya adalah memberikan NIS/NIM dan password kepada siswa calon peserta ujian. Selanjutnya, peserta akan dapat login dan langsung dapat mulai mengikuti ujian yang dapat secara langsung dipantau oleh Admin dan Guru.

Setelah semua peserta selesai mengerjakan ujian, Guru atau Admin dapat melakukan export hasil ujian melalui menu Kelas Ujian >> Detail:

Kemudian pilih menu Export:

Selesai.

Previous 2. Cara Login dan Mulai Mengelola E-ujian
Next 4. Cara Update Informasi dan Logo Sekolah
Scroll to Top
× Ada yang bisa dibantu?