Pertanyaan Umum Saat Pelaksanaan Ujian

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum e-ujian.id saat pelaksanaan ujian.

Siswa Tidak Bisa Bergabung Ruang Ujian? #

gagal gabung ruang ujian

Jika siswa mendapatkan pesan error seperti “Maaf Anda tidak berhak masuk kelas ini” seperti pada gambar di atas, maka ada dua kemungkinan masalah yang terjadi, yaitu:

Kemungkinan masalah 1: Siswa tidak berada di kelas yang sesuai.

Solusi:

Pastikan cek siswa tersebut berada di kelas yang benar pada menu admin -> siswa. Jika sudah sesuai, pastikan saat membuat ruang ujian (menu Admin/Guru -> Ujian CBT -> Ruang Ujian) sudah memilih kelas yang sesuai.

Kemungkinan masalah 2: Siswa telah selesai mengerjakan ujian atau waktu timer habis

Pastikan untuk cek status siswa di menu admin/guru -> ujian cbt -> kode ruang ujian. Jika statusnya Sudah mengerjakan / Sedang mengerjakan, maka artinya siswa sudah selesai mengerjakan atau kehabisan waktu. Hal tersebut normal karena sudah dianggap selesai.

Silakan reset siswa tersebut jika ingin mengulangi ujian (lihat panduan reset ujian)

Siswa Sudah Keluar tetapi Nilai 0? #

Hal ini bisa saja terjadi karena siswa tersebut keluar aplikasi tetapi tidak meng-klik tombol Hentikan Ujian. Data jawaban siswa tetap tersimpan!

Solusi

Silakan cek status siswa saat ini dari menu admin/guru -> ujian cbt -> klik kode ujian terkait. Jika statusnya sedang mengerjakan, maka ini normal. Cukup menunggu saja sistem melakukan update nilainya dan umumnya membutuhkan waktu beberapa jam.

Siswa Sudah Keluar tetap statusnya Sedang Mengerjakan #

Jika siswa sudah keluar tetapi statusnya masih Sedang Mengerjakan maka hal tersebut karena siswa tidak meng-klik tombol Hentikan Ujian. Tidak perlu khawatir karena jawaban siswa tetap dan sistem akan meng-updatenya setelah beberapa jam.

Berikut penjelasan status siswa saat ujian:

  • Belum dikerjakan – Siswa belum mengambil ujian atau belum mengerjakan ujian
  • Sedang dikerjakan – Siswa sedang mengerjakan ujian atau siswa kehabisan waktu dan belum sempat submit hasil ujiannya. Data siswa yang kehabisan waktu akan tersimpan di sistem dan akan ditampilkan maksimal 2 jam setelah ujian selesai dan status akan berubah menjadi Sudah Mengerjakan setelah dipindahkan
  • Sudah dikerjakan – Siswa telah selesai mengerjakan ujian