Cara Membuat Barcode untuk Exam Browser

0 Comments

Cara Membuat Barcode untuk Exam Browser

Cara Membuat Barcode untuk Exam Browser – Salah satu fitur dari exam browser e-ujian.id adalah scan barcode yang secara otomatis mengisi url dan mengakses aplikasi ujian online pada perangkat smartphone siswa tanpa perlu mengetikkan secara manual. Dengan melakukan scan qr barcode maka akan mempercepat akses serta mengurangi gagal akses karena salah mengetikkan alamat url website sekolah terutama jika alamat websitenya cukup panjang dan sulit di-eja.

Untuk dapat menggunakan fitur scan barcode, maka sekolah perlu membuat QR Barcode terlebih dahulu. Yup, tidak perlu khawatir karena membuat QR Barcode sangatlah mudah dilakukan dan GRATIS!

Cara Membuat Barcode untuk Exam Browser

Kita dapat membuat barcode dengan memanfaatkan fitur QR Code generator dari https://id.qr-code-generator.com/ secara gratis. Silakan akses alamat tersebut dan selanjutnya, silakan pilih menu www pada menu pojok kiri atas dan masukkan alamat website aplikasi ujian sekolah Anda seperti screen shoot berikut:

Selanjutnya, pada bagian kanan kita bisa melihat barcode (QR Code) yang kita buat dan simpan barcode dalam format yang disediakan. Dalam contoh ini, kita akan menyimpan barcode dalam format .jpg

Selanjutnya, silakan ditunggu sesaat hingga dialog untuk mendaftar layanan GRATIS akan muncul dan yg perlu kita lakukan adalah abaikan permintaan mendaftar gratis dan tunggu beberapa saat hingga menu dialog untuk download QR Code yang kita buat muncul dan mulai mendowloadnya

Selesai, QR Code berhasil kita download seperti pada screen shoot berikut

Barcode QR Code telah berhasil dibuat dan kita bisa membagikan ke siswa atau menempelkannya ke suatu tempat agar siswa dapat melakukan scan.

Cara Melakukan Scan Barcode Exambro E-ujian.id

Setelah barcode berhasil dibuat, maka kita dapat membagikan barcode yang telah kita buat tersebut kepada para siswa atau tempelkan di sebuah pengumuman sehingga siswa dapat mengakses aplikasi ujian online dengan hanya men-scannya saja.

Untuk melakukan scan, silakan buka aplikasi exambro e-ujian.id dan kemudian pilih menu SCAN KODE QR

Selanjutnya, scan barcode yang sudah dibuat dan secara otomatis siswa akan dibawa ke alamat aplikasi ujian online yang telah kita set saat membuat QR Code tanpa mengetikkan alamat website aplikasi sekolah.

Semoga bermanfaat!