Klarifikasi Copyright Abdulmalela

Beberapa waktu yang lalu konten kami di Youtube terkait dengan tutorial menggunakan layanan e-ujian.id dihapus dengan alasan copyright dari laporan Abduloh Malela. Kami sendiri langsung mencoba menghubungi Youtube karena kami memang tidak mengetahui bagian mana yang menyebabkan konten kami mendapatkan masalah copyright dan kami tidak merasa melakukan pelanggaran copyright atau hak cipta.

Namun, seperti pada umumnya, banding ke Youtube memang membutuhkan waktu dan sangat lambat prosesnya sehingga kami mencoba menjelaskan di artikel ini terkait dengan hubungan layanan e-ujian.id dengan Abduloh Malela alias abdulmalela (toko di shopee).

Adbulmalela adalah salah author source code yang sebagian kecil digunakan di layanan di e-ujian.id. Kami membeli source code tersebut secara resmi di toko shopee dan berikut adalah screen shot toko beliau di Shopee saat kami membeli (Link toko):

Kami menggunakan theme dan sebagian fitur dari source tersebut untuk layanan kami yang tentu saja sudah kami modifikasi sesuai kebutuhan pelanggan kami. Sudah dapat kami pastikan bahwa fungsi, source code dan layanannya sudah sangat jauh berbeda dengan yang beliau tawarkan.

Selain itu, seperti yang dapat lihat di screen shoot di atas bahwa Abdulmalela menjual semua source code-nya tanpa ada rincian lisensi apapun sehingga kami sebagai pembeli menganggap dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan kami tanpa memerlukan izin apapun dari beliau.

Kami tentu akan sangat menghormati author source code jika memang dijelaskan penggunaan atau batasan penggunaan lisensi source code tersebut. Namun, beliau tidak melakukannya sehingga kami menganggap bahwa bisnis yang beliau jalankan adalah menjual source code dengan metode seperti ini seperti yang banyak dilakukan oleh para pengembang aplikasi di Indonesia yang menjual source code aplikasi di platform shopee atau tokopedia atau lainnya.

Hal ini tentu saja berbeda kasusnya jika disertakan lisensi seperti ketika membeli code di code canyon, theme forest atau layanan lainnya yang sudah dengan jelas menjual dengan detail lisensinya.

Komunikasi pernah terjadi di WA bisnis kami dimana seseorang yang mengaku sebagai author merasa dirugikan dan terkesan menyalahkan kami yang tidak meminta izin menggunakan source code mereka. Kami sendiri sudah menjelaskan dari sudut pandang kami yang menyatakan bahwa kami membeli source code tersebut secara resmi dan beberapa hari setelah kejadian tersebut video kami di youtube diblokir karena laporan dari abduloh malela.

Kami juga menegaskan bahwa kami masih belum dapat memastikan 100% apakah abdulmalela yang menjual source code di shopee tersebut adalah abdulolah malela yang melaporkan akun Youtube kami atau bukan.

Kesimpulan

  • Sebagaian code yang digunakan di e-ujian.id dibeli secara resmi dari author-nya langsung yaitu abdulmalela dan karena tidak ada penjelasan resmi batasan lisensinya maka secara otomatis kami sebagai pembeli juga memiliki source code tersebut dan bebas untuk digunakan.
  • E-ujian.id tidak menjual source code dari abdulmalela sehingga secara bisnis kami juga tidak merugikan bisnis author secara langsung yang bisnisnya adalah menjual source code yang telah beliau buat.
  • Aplikasi e-ujian.id tidak sama 100% dengan aplikasi yang dijual oleh abdulmalela di shopee meski ada beberapa tampilan dan fitur yang mirip namun sudah kami pastikan jauh berbeda secara code, fungsi dan kehandalannya karena kami telah melakukan beberapa modifikasi dan improvement sesuai kebutuhan user.
  • Kami masih belum mengetahui bagian mana yang membuat konten Youtube kami dilaporkan sebagai pelanggaran hak cipta atau copyright oleh abduloh malela sehingga kami belum mengetahui perbaikan apa yang diperlukan.
  • Dari sisi bisnis, tentu kami merasa perbuatan yang dilakukan oleh abduloh malela yang melaporkan konten youtube hingga diblokir merugikan kami dan kami akan mempejari terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan selanjutnya.

Berikut kami lampirkan beberapa bukti hubungan e-ujian.id dengan abdulmalela:

  • Bukti tampilan shopee abdulmalela saat kami membeli source code beliau bisa di lihat di SINI
  • Bukti pembelian source code di Shopee bisa di lihat di SINI
  • Bukti serah terima source code setelah pembelian di shopee di SINI

Scroll to Top
× Ada yang bisa dibantu?