7 Tips Pembelajaran Online Menjadi Lebih Efektif

Pembelajaran Online

Covid-19 memaksa semua orang untuk melaksanakan kegiatan di rumah, termasuk kegiatan belajar mengajar. Hampir seluruh sekolah di Indonesia baik dari tingkat TK hingga Universitas saat ini melakukan kegiatan pembelajaran online atau jarak jauh atau biasa disebut dengan School From Home (SFH).

Kegiatan belajar online menjadi salah satu metode terbaik di masa pandemi dan harapannya tetap efektif sehingga tidak mempengaruhi kualitas pendidikan di Indonesia dan bahkan akan menjadi lebih baik lagi.

Berikut adalah 7 tips pembelajaran online yang dapat kalian lakukan agar tetap efektif selama pandemi dan setelah pandemi.

7 Tips Pembelajaran Online Menjadi Lebih Efektif

Adaptasi dengan Metode yang digunakan oleh sekolah atau kampus-mu

Layaknya seperti pembelajaran secara offline, setiap sekolah atau instansi pendidikan memiliki cara dan platform yang berbeda-beda untuk menunjang kegiatan pembelajaran online. Sebagai contoh, beberapa universitas seperti Universitas Indonesia (UI) telah memiliki aplikasi e-learning sendiri sehingga Dosen dan Mahasiswa mungkin telah terbiasa menggunakannya.

Namun, tentu ada sekolah atau universitas yang belum memiliki platform seperti UI sehingga mungkin perlu menyesuaikannya. Beberapa sekolah yang belum memiliki aplikasi e-learning juga dapat memanfaatkan layanan dari E-ujian.id

E-ujian adalah aplikasi pembelajaran online gratis yang telah dilengkapi dengan sistem e-learning, ujian online CBT, PPDB hingga sistem alumni yang siap digunakan. Sekolah dapat mendaftar dan langsung menggunakannya karena setup aplikasi dan servernya sudah disediakan oleh E-ujian.id.

Alat Penunjang Pembelajaran Online Harus Siap

Dalam melaksanakan kegiatan belajar online, maka kita perlu menyiapkan alat penunjangnya yang umumnya adalah:

  • Kuota Internet → karena kegiatan belajar secara online, maka sudah pasti kuota internet menjadi syarat wajib yang harus kita siapkan agar kita dapat terhubung dengan sistem sekolah atau Universitas.  Beberapa provider seperti Telkomsel dan 3 memiliki program kuota Internet murah dimana Telkomsel memiliki provider by.u untuk menyediakan internet murah.
  • Aplikasi Penunjang → hal ini sangat tergantung dengan sekolah atau kampus kalian yang umumnya mereka akan menggunakan Zoom untuk kegiatan mengajar online atau platform lain seperti WA dan lain-lain. Jadi, pastikan kalian sudah memiliki aplikasi penunjang tersebut di laptop atau Smartphone.
  • Laptop/Komputer atau Smartphone
  • Buku pelajaran, buku catatan dan lainnya

Sesuaikan jadwal belajar di rumah

Kegiatan belajar di sekolah atau kampus libur bukan berarti sekolah kita libur. Untuk itu, kita harus mampu menyesuaikan diri dimana kita tetap belajar meski di rumah. Peran orang tua dalam memotivasi anak terutama siswa sekolah sangat penting disini termasuk memberikan ruangan yang kondusif bagi sang anak untuk belajar dan mengawasinya.

Pahami rencana Belajar dari Guru atau Dosen

Jika dari sekolah atau kampus sedang belajar materi bab A, maka kita harus fokus ke materi dan mengerjakan tugasnya. Jangan sampai kita malah asyik belajar materi yang lain sehingga tidak memahami apa yang diajarkan oleh guru dan dosen kita.

Kendalikan diri

Belajar online artinya guru atau dosen berada jauh dari tempatmu atau sederhananya tidak ada yang mengawasi secara langsung. Untuk itu, kamu perlu tetap fokus untuk benar-benar belajar bukan malah disambi dengan menonton tv, main game dan lain-lain.

Kamu perlu mengikuti pembejalaran online dengan baik. Sebab, jika kamu tidak fokus maka akan sangat mungkin kamu tertinggal jauh dan materi yang perlu dipelajari jadi menumpuk.

Ingat, pembelajaran online akan menuntut kita untuk menjadi pribadi yang mandiri dan tanggung jawab.

Selalu Update Dalam Mendapatkan Informasi Sekolah

Pastikan kalian bergabung di grup sekolah seperti Whatsapp, telegram atau di sistem e-learning yang disediakan oleh sekolah karena bisa jadi informasi seperti perubahan jadwal, tambahan materi dan informasi penting lainnya disampaikan disana.

E-ujian.id misalnya juga menyediakan fitur pengumuman yang bisa di-publish oleh guru dan ditampilkan ke semua siswa saat mereka login.

Tetap Mandi dan Rapi

Meski kegiatan belajar mengajarnya dilakukan secara online, kamu tetap harus mandi dan rapi seperti layaknya saat belajar di sekolah atau kampus. Mandi dan rapi akan sangat penting dalam mempengaruhi mood kamu dalam belajar nantinya.

Mudah bukan, semoga tips pembejaran online di atas dapat membantu kalian semua efektif dalam belajar ya dan tetap produktif meski disaat pandemi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Ada yang bisa dibantu?