Cara Menambahkan Pertanyaan di Video Youtube

menambahkan pertanyaan di video youtube

Kegiatan belajar mengajar secara online memang selalu menjadi tantangan para guru untuk dilakukan dan salah satu cara yang efektif adalah dengan cara memberikan video kepada siswa dan kemudian melakukan evaluasi apakah siswa memahami materi video yang kita berikan atau tidak.

Ya, salah satu fitur terbaru dari E-ujian.id adalah fitur video interaktif yang memungkinkan guru mengevaluasi atau memberikan pertanyaan di video Youtube yang sedang diputar (ditengah-tengah).

Mengapa Perlu Mengevaluasi Pemahaman Siswa

Memberikan materi video saja tentu tidak cukup untuk memastikan siswa memahami materi yang kita berikan karena bisa saja siswa hanya melihat materi video sebagian dan skip ke poin-poin tertentu sehingga tidak paham sepenuhnya.

Dengan fitur video youtube interaktif e-ujian.id, guru dapat memberikan pertanyaan di dalam video sehingga siswa hanya akan dapat menjawab pertanyaan jika melihat materi video secara keseluruhan. Pertanyaan di dalam materi video bisa diberikan di menit / detik tertentu sesuai kebutuhan.

Selain itu, hasil jawaban siswa bisa langsung dilihat oleh guru untuk memastikan apakah siswa sudah memahami materi dengan baik atau tidak dan kemudian memberikan nilai sebagai bahan evaluasi.

Cara Menambahkan Pertanyaan di Video Youtube

Video penjelasan berikut dapat membantu guru memberikan evaluasi atau pertanyaan di dalam materi video Youtube:

Silakan lanjutkan membaca jika bapak / ibu lebih menyukai panduan berupa teks.

Berikut adalah langkah-langkah memberikan pertanyaan di video materi e-ujian.id:

  • Login di aplikasi e-ujian.id sebagai guru dan kemudian pilih menu Elearning >> Materi >> Tambah Materi
  • Selanjutnya, silakan isi data materi termasuk link video Youtube materi dan klik Save jika sudah selesai.
  • Selanjutnya, kembali ke menu Materi dan kemudian pilih menu Video Interaktif pada materi yang telah kita buat sebelumnya
  • Selanjutnya, silakan masukkan pertanyaan dengan pilih menu Tambah Pertanyaan, masukkan detik pertanyaan (pertanyaan akan muncul di detik ini) dan masukkan pertanyaan serta jawabannya seperti gambar berikut:
Mulai menambahkan pertanyaan di video youtube
  • Klik Simpan jika sudah selesai dan pertanyaan akan muncul sesuai menit yang kita tentukan seperti berikut
  • Siswa hanya akan dapat melanjutkan video jika sudah menjawab pertanyaan yang diberikan. Selanjutnya, semua jawaban siswa tersebut dapat dilihat pada menu Materi >> Video Interaktif >> Hasil Belajar Siswa

Selesai! Harapannya fitur ini akan dapat membantu guru melakukan kegiatan belajar mengajar dengan baik serta memastikan siswa paham dengan materi yang kita berikan.

× Ada yang bisa dibantu?