Siswa Eligible: Pengertian dan Syarat Mendapatkannya

Siswa Eligible: Pengertian dan Syarat Mendapatkannya

Siswa Eligible di Indonesia mengacu pada siswa yang memenuhi syarat untuk mendapatkan berbagai jenis bantuan atau keuntungan tertentu dari pemerintah, lembaga, atau program pendidikan tertentu. Secara singkat, Siswa Eligible adalah siswa yang telah memenuhi syarat dapat mengikuti program Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) untuk masuk ke Perguruan Tinggi di Indonesia.

Tentu tidak semua siswa dapat mengikuti program Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) karena hanya siswa yang telah memenuhi syarat sebagai Siswa Eligible sajalah yang dapat mendaftar ke dalam program prestasi SNBP.

Read More

Kapan Hari Guru Nasional dan Dunia? Sejarah dan Perbedaannya

Kapan Hari Guru Nasional dan Dunia? Sejarah dan Perbedaannya

Kapan Hari Guru Nasional dan Dunia? Sejarah dan Perbedaannya – Hari Guru Indonesia dan Dunia adalah peringatan yang diadakan setiap tahun untuk menghormati peran penting seorang guru dalam pendidikan dan perkembangan masyarakat. Pada hari tersebut, kita mengenang jasa-jasa guru dalam membentuk generasi muda menjadi individu yang terdidik dan mampu berkontribusi secara positif dalam masyarakat.

Baca Juga:

Tujuan utama memperingati Hari Guru adalah untuk menghargai dan menghormati peran serta kontribusi para guru dalam mendidik masyarakat. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pengakuan terhadap pentingnya pendidikan dalam membangun bangsa dan menciptakan generasi yang cerdas, berakhlak, dan berdaya saing. Selain itu, peringatan Hari Guru juga bertujuan untuk memotivasi guru agar terus meningkatkan kualitas pembelajaran dan menginspirasi siswa-siswi untuk meraih prestasi yang lebih baik.

Read More

Struktur Organisasi Kelas: Pengertian dan Contohnya

Struktur Organisasi Kelas: Pengertian dan Contohnya

Struktur Organisasi Kelas: Pengertian dan Contohnya – Struktur organisasi adalah susunan atau tata letak hubungan dan saling ketergantungan antara bagian-bagian atau unit-unit yang ada dalam sebuah organisasi. Struktur organisasi kelas di sekolah mengacu pada pengaturan hierarki dan tugas di dalam sebuah kelas. Struktur ini biasanya terdiri dari beberapa peran dan tanggung jawab yang dibagikan kepada siswa dan guru dalam rangka menciptakan lingkungan pembelajaran yang efisien dan teratur.

Secara singkat, struktur organisasi kelas adalah tata cara pengaturan peran dan tanggung jawab dalam sebuah kelas. Berikut adalah posisi dari struktur organisasi kelas yang umum di Indonesia dan penjelasan masing-masing posisi tersebut.

Baca Juga:

Read More

Model Pembelajaran Inovatif: Pengertian dan Penerapannya

Model Pembelajaran Inovatif: Pengertian dan Penerapannya

Model pembelajaran inovatif adalah suatu pendekatan atau metode pembelajaran yang menggunakan cara-cara baru yang kreatif dan mengedepankan pemikiran kritis, keterlibatan aktif, dan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa secara mandiri, kreatif, dan inovatif, sehingga mereka dapat menghasilkan ide-ide baru, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan pengetahuan dalam kehidupan nyata.

Baca Juga:

Model pembelajaran inovatif ini berbeda dengan pendekatan pembelajaran tradisional yang lebih bersifat instruktif, di mana guru berperan sebagai sumber informasi utama dan siswa lebih pasif dalam menerima pengetahuan. Model pembelajaran inovatif melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, seperti diskusi kelompok, proyek kolaboratif, eksperimen, simulasi, dan multimedia interaktif.

Read More

Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka

Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka - ilustrasi siswa

Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka – Kurikulum Merdeka adalah sebuah pendekatan baru dalam dunia pendidikan di Indonesia yang bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada siswa dalam menentukan jalur pendidikan mereka sendiri (Baca penjelasan kurikulum merdeka). Salah satu aspek penting dalam Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran berdiferensiasi, yang mengakui perbedaan individual siswa dan memberikan pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka.

Pembelajaran berdiferensiasi adalah suatu pendekatan yang mengakui bahwa setiap siswa memiliki kebutuhan dan kemampuan yang berbeda-beda. Dalam pembelajaran berdiferensiasi, siswa diberikan pilihan-pilihan yang bervariasi dalam hal materi pembelajaran, metode pengajaran, dan penilaian. Tujuan utama dari pembelajaran berdiferensiasi adalah untuk memastikan bahwa setiap siswa dapat mencapai potensi maksimal mereka dan merasa termotivasi dalam proses belajar.

Read More